Wawancara Exclusive Dengan Bapak Awang Ischak, mantan walikota Singkawang

06 Juli 2010

Kata Pengantar:
Perkembangan penyelesaian masalah Patung Naga  di kota Singkawang menaruh perhatian masyarakat Singkawang. Karena masyarakat Singkawang merasa prihatin jika masalah ini tidak ditangani dengan baik akan memberi dampak terhadap kehidupan mereka. Menyadari substansi permasalahan ini penting bagi kehidupan bermasyarakat maka pada tanggal 05 July 2010 , jam 19 WIB CintaSingkawang mengadakan wawancara Exclusive dengan Bapak  Awang Ischak, mantan walikota Singkawang yang sekarang sebagai anggota DPRD Kota Singkawang. CintaSingkawang menghubungi Pak Awang via hp 085245198XXX.  Ikutilah  wawancara ini:

 

CintaSingkawang
:

Selamat malam Pak Awang. Apa kabar Pak ? Ini Cintasingkawang.

 

Pak Awang :

"Selamat malam CintaSingkawang. Saya dalam keadaan baik-baik saja".              

     
CintaSingkawang : "Terima kasih Pak. Untuk kesediaan Bapak yang telah menyediakan waktu berbincang-bincang dengan Cinta. Melihat perkembangan politik selama ini di kota Singkawang, masyarakat merasa khawatir masalah patung naga tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan ketegangan etnis. Karena Bapak sebagai tokoh masyarakat dan juga sebagai anggota DPRD Singkawang. Maka pandangan Bapak perlu diketahui oleh masyarakat luas. Menurut Bapak bagaimana cara menyelesaikan masalah patung naga ?".

 

Pak Awang :  "Oh , CintaSingkawang. Kalau tidak salah, masalah penyelesaian patung naga  sudah pernah dibahas CintaSingkawang dengan beberapa artikel menarik dan  telah memberikan beberapa pandangan dan petunjuk cara penyelesaiannya."
     
CintaSingkawang : "Itu menurut pandangan Cinta tetapi Cinta ingin mendengar pandangan Bapak sebagai pandangan dari masyarakat. Dapatkah Bapak memberi penjelasan?."
 
 Pak Awang :

"Begini, Cinta. Dulu ketika saya menjabat wali kota Singkawang saya pernah  menghadapi masalah patung naga yang dibangun tempat umum. Tetapi sesudah saya menyadari bahwa kota Singkawang seperti rumah besar yang dihuni oleh beberapa anggota keluarga. Sebagai kepala keluarga saya harus memperlakukan rasa keadilan terhadap seluruh penghuni rumah sehingga tidak terjadi pergesekan. Maka pada waktu itu  saya memberhentikan pembangunan patung naga. Karena Saya berprinsip harus memperlakukan seadil-adilnya terhadap seluruh komponen dalam masyarakat Singkawang. Dapat kita bayangkan  misalnya etnis A meminta bangun ini di tempat umum kemudian  etnis B meminta bangun itu . Lalu kita mengatakan kepada etnis B  kalian jangan membangun itu. Tentu saja etnis B akan protes mengapa etnis A boleh membangun di tempat umum mengapa mereka tidak boleh? Kalau semua diizinkan boleh membangun di tempat umum betapa kacau tata kota Singkawang. Kota akan menjadi tidak teratur, jalanan menjadi semakin bertambah sempit.

Pada intinya permasalahan patung naga di persimpangan Jalan Niaga-Kepol Mahmud Singkawang itu bisa diselesaikan tanpa mengorbankan materi. Walikota  memiliki wewenang untuk memutuskan sesuatu yang ada meyangkut dengan tata ruang kota. Walikota Singkawang yang harus mengambil keputusan. Ketidakmampuan walikota mengambil keputusan itu menjadi  biang permasalahan. Apabila seorang pemimpin tidak bisa memutuskan sesuatu yang dapat menjuruskan masyarakat  ke arah konflik etnis. Ini menandakan pemimpin tersebut lemah, tidak mengutamakan kepentingan masyarakat tetapi mengutamakan kepentingan dirinya sendiri atau kelompoknya. Type kepemimpinan semacam itu sudah tidak cocok lagi dengan tuntutan masyarakat Singkawang".
     
CintaSingkawang : "Menurut catatan selama Bapak menjabat sebagai wali kota Singkawang masyarakat Singkawang merasa  aman, damai, harmonis dan rukun dalam kehidupan bermasyarakat. Tidak ada ketegangan antar etnis seperti apa yang dirasakan sekarang ini. Apakah rahasia sukses Bapak itu? Dapatkah Bapak mengungkapkan rahasia tersebut supaya generasi penerus kita dapat belajar dari pengalaman Bapak? ".
 
Pak Awang :

"Oh, Cinta. Saya tidak ingin menggurui siapapun termasuk yang sekarang ini sedang menjabat! Terima kasih untuk masyarakat yang memberikan penilaian terhadap masa pemerintahan saya.  Dalam pemerintahan saya selalu memprioritaskan keamanan kemudian perkembangan ekonomi. Keamanan menjadi prioritas utama karena tanpa keamanan produktivitas masyarakat tidak akan berkembang sehingga  ekonomi tidak akan tumbuh. Tanpa ada pertumbuhan perekonomian tidak mungkin dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kemudian  masalah  keadilan sosial. Dalam pengertian, kita  harus memperlakukan semua orang atau semua etnis yang ada di Singkawang dengan adil. Sebagai  walikota masalah ini selalu mendapat perhatian saya. Karena memperlakukan masyarakat dengan adil, berarti kita sebagai pemimpin(wali kota) harus dapat menerima aspirasi, masukkan dari masyarakat untuk kemajuan  pembangunan kota, kerukunan kehidupan bermasyarakat. Sehingga tidak menimbulkan rasa kecurigaan, yang satu diperhatikan yang lain diabaikan."

     
CintaSingkawang : Menurut Bapak apakah wali kota Singkawang sekarang, Pak Hasan Karman memperlakukan masyarakat Singkawang  dengan adil ? Dalam pengertian konteks kehidupan multi etnis? Katakan dalam masalah patung naga ?".
 
Pak Awang :

"CintaSingkawang, masalah keadilan sosial adalah sesuatu yang dapat dirasakan  oleh semua golongan(etnis) yang ada didalam masyarakat kita. Jadi, bukan hanya dapat dinilai oleh segelintir orang saja. Saya sendiri sebagai individu tidak dapat mewakili mereka(masyarakat) untuk memberi penilaian dalam hal ini. Tetapi jika pengertian keadilan sosial yang saya maksudkan diatas, saya yakin Pak Hasan Karman belum melakukan hal itu dengan baik".

     
CintaSingkawang : "Mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sedang berjalan mengalami defisi sebesar Rp50Miliar. Setiap defisit  APBD merupakan hutang. Pinjaman diwajibkan pengembalian(pembayaran kembali) plus bunga. Defisit APBD akan membebani masyarakat Singkawang . Bapak sebagai anggota Dewan berkewajiban melindungi kepentingan masyarakat Singkawang. Mengapa Bapak tidak memblokir(menolak) APBD yang mengalami defisit yang sangat besar itu yang pada intinya akan membebani masyarakat Singkawang di kemudian hari?".
 
Pak Awang :

"Memang, sebagai anggota DRPD Singkawang saya berkewajiban melindungi dan berjuang untuk kepentingan masyarakat Singkawang terutama kepada mereka telah memilih saya. Tanpa defisit APBD pembangunan kota Singkawang akan berhenti, karena sebagian besar dari APBD kita adalah untuk membiayai mesin birokrasi kita.Supaya kita bisa membiayai pembangunan dengan defisit APBD . Seperti apa yang pernah diumumkan oleh Pak Hasan Karman bahwa Beliau dapat membangun kota Singkawang tanpa membebani APBD. Pernyataan seperti itu kurang tepat dan menyesatkan, yang benar Pak Hasan Karman membangun kota Singkawang dengan defisit APBD. Ini fakta, sesuai bukti ".

     
CintaSingkawang : "Apakah Bapak siap maju pada Pilkada 2012 mendatang?".
 
Pak Awang :

"Saya selalu siap melayani masyarakat Singkawang apabila masyarakat membutuhkan saya.Itu merupakan komitmen saya kepada masyarakat. Apabila masyarakat  memberi dukungan kepada saya, saya akan maju pada Pilkada 2012 nanti".

     
CintaSingkawang :

"Dapatkah Bapak memberi gambaran kriteria calon yang akan menemani Bapak pada pilkada 2012 nanti?".

 
Pak Awang : "Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon yang akan menemani saya pada Pilkada 2012 nanti . Saya tidak mempermasalahkan suku, dari etnis apa saja ok. Yang penting dia harus memiliki jiwa sosial, tidak tinggi hati, dan berjiwa melayani masyarakat. Karena pemimpin kedepan harus lebih memberi pelayanan kepada masyarakat".
     
CintaSingkawang : "Menurut rumor yang beredar Bapak telah mengkontak Mr.B,tokoh Tionghoa kelahiran Singkawang yang saat ini berdomisili di Jakarta untuk mendampingi Bapak dalam Pilkada nanti?".
 
Pak Awang :

"Kalau kontak dengan tokoh-tokoh Singkawang sering saya lakukan termasuk dengan Anda dari CintaSingkawang,bukan? ".

 
Cintasingkawang :

"Terima kasih, Pak Awang untuk wawancara ini.Semoga kita ketemu dikesempatan lain".

     
Pak Awang : "Terima kasih CintaSingkawang".
     
 
     
CintaSingkawang,06 Juli 2010