Panwaslu dan KPU Sulit Dipercaya


oleh:Muhammad Hasan
  

1.      Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilihan Umum) dan KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Singkawang mentolerir ulah Awang Ishak (incumbent) membagi-bagikan Door Prize kepada masyarakat. Kalau demikian, politik uang menyongsong Pilkada dibolehkan oleh Panwaslu dan KPU.

2.      Politik uang ini sudah dapat dipastikan akan diikuti oleh kandidat-kandidat lain.

3.      Untungnya masyarakat Singkawang sudah cerdas karena beberapa kali ikut Pemilu. Isu yang beredar di masyarakat Singkawang adalah: “Ambil uangnya, tapi jangan pilih dia, dia pasti akan korupsi untuk kembalikan modal!”

4.      Masyarakat pun bertanya-tanya, masak incumbent memberi contoh yang tidak baik bagi kandidat-kandidat lainnya.

5.      Perlu diketahui oleh khalayak, bahwa sejak Pemilu yang lalu masyarakat kehilangan tempat mengadu atas keanehan-keanehan dalam kampanye. Sekarang terulang lagi. Panwaslu bagaikan sudah “dibeli” oleh kandidat tertentu sehingga tidak mampu bertindak tegas.

6.      Diprediksi, pada masa tenang, politik uang akan lebih hebat. Tapi, sekali lagi, masyarakat sudah cerdas ditempa pengalaman, uang atau apapun namanya akan diambil tapi untuk memilihnya akan berpikir seribu kali. Karena berdosa kalau memilih calon koruptor.

 

Singkawang, 8 November 2007.

CintaSingkawang,8 Nopember2007