STIE Mulia Singkawang

-Wisuda perdana sekolah Alioknomic

29 Oktober 2011

Komentar:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mulia – Singkawang / STIE Mulia, orang Singkawang menyebutnya “ sekolah Pak Aliok”. Adalah  nama dari salah satu perguruan tinggi milik swasta di kota Singkawang.

Sejak berdiri hingga sampai saat ini masih banyak orang menaruh  skeptik terhadap perjuangan Pak Lio Kurniawan ( Pak Aliok) membangun STIE Mulia Singkawang. Kecurigaan orang; STIE Mulia Singkawang merupakan sarana tujuan pelarian dana masyarakat. Semakin banyak orang menaruh curiga semakin mendorong Pak Aliok bekerja keras untuk membuktikan betapa penting kehadiran STIE Mulia Singkawang dalam pembangunan SDM kota Singkawang. Pak Aliok berprinsip:”kecurigaan tidak pernah dapat dimusnahkan dengan kecurigaan, hanya dengan kerja keras untuk membuktikan cita-cita mulia”.

 

Tidak sedikit kesulitan, tantangan yang dihadapi Pak Aliok dalam memperjuangkan keberadaan STIE Mulia Singkawang. Baik itu merupakan waktu, tenaga yang harus Pak Aliok korbankan. Namun demikian, akhirnya Pak Aliok melihat hasil dari inventasinya yang telah dilakukannya bertahun-tahun itu membuahkan hasil, yakni:” wisuda perdana sebanyak 129 wisudawan dan wisudawati”.

 

Ketika salah satu pengurus marga Bong di Jakarta menyerahkan koran Pontianak Post yang memuat berita liputan wisuda STIE Mulia Singkawang kepada  Pak Teddy Sugianto Huang ( Ketua Abadi Marga Huang/Bong/Ng).Setelah  Pak Teddy membaca berita tersebut, dia tidak begitu yakin bahwa Pak Aliok telah melakukan hal yang jauh lebih baik dan berarti untuk masyarakat Singkawang daripada Pak HK. Memang, kenyataan memang begitu Pak HK belum punya record bahwa dia telah memberi kontribusi sesuatu untuk masyarakat Singkawang selain sebagai wako Singkawang. Mungkin Pak Teddy baru sadar betapa potensi Pak Aliok itu telah diabaikannya.

 

STIE Mulia Singkawang, seperti pada umumnya perguruan tinggi menghadapi pelbagai tantangan. Baik itu merupakan tantangan dari segi akademis, management, finansial. Tanda dukungan dari masyarakat dan pemerintah STIE Mulia Singkawang akan sulit menghadapi tantangan yang sesuai dengan tuntutan jaman.

Dalam kata sambutan Pak HK telah mengingatkan kepada sarjana hasil produk sekolah Pak Aliok jangan mencari lapangan pekerjaan( PNS) di ladang pemkot Singkawang. Entah  mengapa sebabnya. Apakah Pak HK meragukan “mutu” atau “alergi” terhadap produk Pak Aliok itu? Bisa saja kecemasan Pak HK yang kuatir nanti  PNS  dipenuhi oleh orang Pak Aliok yang memiliki watermark “made in STIE”.

Banyak rumor beredar di masyarakat Singkawang yang mengatakan bahwa Pak HK bersikap tidak sahabat dan tidak menaruh perhatian sama sekali terhadap STIE Mulia Singkawang. Selama Pak HK sebagai wako Singkawang, Pak HK enggan menguncurkan dana bantuan kepada STIE Mulia Singkawang sebagai bentuk komitmen pemerintahnya  mengembangkan sumber daya manusia di kawasan Singbebas. Akibatnya, para akademisi menarik dukungan mereka terhadap pemerintah Pak HK.

 

Keberhasilan STIE Mulia Singkawang melaksanakan wisuda perdana merupakan suatu tantangan baru  bagi mereka sebagai  pesaing Pak Aliok selama ini meragukan usaha Pak Aliok memajukan kota Singkawang.

Selamat kepada STIE Mulia Singkawang ,Bravo Pak Aliok!

 

CintaSingkawang,29 Oktober 2011